Sabtu, 05 September 2020

Pelajaran Dari Seorang Ibu Sepak Bola

Sebagai seorang ibu dari seorang anak laki-laki berusia lima tahun yang masih muda dan energik, saya mendapati diri saya mencari sesuatu yang dapat dia lakukan untuk menggunakan antusiasmenya

yang energik. Seperti kebanyakan orang tua, saya beralih ke olahraga untuk melihat apakah itu cocok untuk putra saya. Saya menemukan bahwa AYSO mengadakan pendaftaran untuk sepak bola musim



gugur / musim semi di kota saya. Saya menemukan diri saya agak gugup tentang prospek untuk mendaftarkannya. Saya telah melihat cerita di berita di mana beberapa orang tua yang terlalu fanatik ditangkap di acara olahraga liga rekreasi karena menyerang orang tua, wasit, pelatih atau anak lain.

Saya khawatir anak saya akan berakhir dengan seorang pelatih yang mendekati olahraga dengan akses ke berita sepak bola antusiasme sersan pelatih militer, memberikan kegembiraan langsung kepada para pemainnya. Saya juga prihatin jika dan ketika putra saya kalah dalam pertandingan, melewatkan gol, atau membuat

kesalahan dalam beberapa hal; itu mungkin melukai harga dirinya bersama dengan perasaannya. Terlepas dari semua kekhawatiran, dia bersemangat dengan prospek bermain dan saya bertekad untuk tidak membiarkan kecemasan saya menghalangi masa kecilnya. Kami sekarang berada di musim

kedua sepak bola liga rekreasi kami dan telah menemukan pengalaman yang jauh lebih dari yang
kami harapkan. Sebenarnya saya telah menemukan beberapa pelajaran yang dapat saya ajarkan kepada putra saya tidak hanya tentang sepak bola dan olahraga tim tetapi tentang kehidupan secara umum.

1. Bersenang-senang adalah inti dari olahraga. Musim gugur lalu kami bergabung dengan barisan ribuan orang tua sepak bola. Kami bangun pagi dan mengisi anak kami dengan sarapan bergizi. Kami mendandaninya dengan seragam biru dan hitam kerajaan, lengkap dengan cleat sepak bola, pelindung tulang kering, dan kaus kaki, dan berangkat ke pertandingan pukul 09.00. Kami menemukan

lapangan sepak bola yang penuh dengan pemain sepak bola, pelatih, orang tua, dan penonton. Kami menemukan lapangan putra kami dan meletakkan kursi kemah kami di pinggir jalan. Menonton tim 4 orang yang terdiri dari empat dan lima tahun adalah pengalaman yang menyenangkan. Beberapa

pemain kecil telah menendang bola karena mereka bisa berjalan sementara yang lain, seperti anak saya, belum pernah melihat bola sepak sebelum latihan pertama beberapa hari sebelumnya. Beberapa dari mereka cepat menguasai bola dan memiliki refleks yang sangat baik. Lainnya agresif terhadap

tim lain dan beberapa pemalu dan canggung. Kami sangat terkejut sebagai orang tua bahwa putra kami tampaknya memiliki mekanik yang baik dan mencetak beberapa gol di pertandingan pertama

itu. Di akhir permainan dua puluh menit, putra kami datang kepada kami semua dengan senyuman dan pada saat itu saya tahu reaksi kami terhadap pertandingan pertama itu penting. Saya memikirkan semua hal yang bisa saya katakan kepadanya ... "Game hebat !!", "Kerja bagus mencetak gol!",

"Kamu menang, selamat!" Namun, ketika dia mendatangi kami, saya memutuskan hal yang paling ingin saya tekankan adalah, "Kamu terlihat seperti bersenang-senang !!!" Dia tersenyum antusias dan mengangguk penuh semangat, setuju bahwa dia memang bersenang-senang. Dia sekarang telah

belajar bahwa mencetak gol dan menang itu menyenangkan, lebih menyenangkan daripada kalah. Dia tidak pernah mengeluh tentang kekalahan dan sepertinya selalu bersenang-senang di pertandingan hari Sabtu. Pada paruh waktu, dia terlihat menendang bola di sekitar sementara yang lain duduk di

pinggir. Setelah lapangan dibersihkan dan pemain lain berkemas dan pergi, dia akan tinggal selama dia bisa menendang bola dengan siapa pun yang mau. menendangnya bersamanya. Dia menyukai olahraga hanya karena kesenangannya. Dia tidak bermain untuk menang. Dia bermain untuk

bersenang-senang. Betapa bahagianya saya sebagai seorang ibu karena dia telah menemukan bakat yang dia sukai dan menyenangkan. Dia menyukai olahraga hanya karena kesenangannya. Dia tidak bermain untuk menang. Dia bermain untuk bersenang-senang. Betapa bahagianya saya sebagai

seorang ibu karena dia telah menemukan bakat yang dia sukai dan menyenangkan. Dia menyukai olahraga hanya karena kesenangannya. Dia tidak bermain untuk menang. Dia bermain untuk bersenang-senang. Betapa bahagianya saya sebagai seorang ibu karena dia telah menemukan bakat yang dia sukai dan menyenangkan.

2. Memperlakukan orang lain dengan hormat dan kebaikan lebih penting daripada permainan. Tak pelak lagi, sekitar pertengahan musim pertama, tim putra saya bertemu dengan tim yang sangat agresif dan diisi dengan pemain kecil yang sangat bagus. Tim anak saya kalah skor dengan buruk.

Salah satu pemain di tim lain tampaknya menikmati keunggulannya atas pemain lain. Dia akan "berbicara sampah", begitulah, menyebut nama dan menunjuk dan tertawa ketika timnya mencetak gol. Dia akan mendorong dan bahkan mengambil kaus dan menarik pemain lain ke bawah. Setelah

menanggung perlakuan ini untuk bagian permainan yang lebih baik, putra saya memutuskan dia akan mengembalikan hal yang sama kepada lawannya. Dia mulai memanggil nama anak laki-laki itu dan menatap wajahnya. Saat seperempat berakhir saya bertanya kepada pelatih apakah dia bisa menarik

putra saya keluar. Saya kemudian mendudukkan dia di dekat saya dan bertanya bagaimana rasanya diintimidasi dan diejek. Dia menjawab bahwa itu tidak enak. Saya kemudian menjelaskan bahwa jika kapan saja di masa depan saya melihatnya mengejek atau menindas, saya akan meminta pelatihnya

untuk menariknya keluar dan dia tidak akan diizinkan untuk memainkan sisa permainan. Kami berbicara tentang bagaimana menyebut nama dan menggoda membuat semua orang merasa senang. Dia segera menyadari bahwa kesenangan yang dia temukan dalam sepak bola tidak layak untuk

dikorbankan. Sejak saat itu, kami berbicara tentang berbagai teknik untuk penindasan di lapangan, termasuk berjalan pergi atau hanya mengatakan pekerjaan yang baik kepada si penindas. Kadang-kadang saya mungkin masih melihatnya mendorong tetapi secara keseluruhan, pelajarannya untuk

memperlakukan orang lain dengan hormat dipelajari dengan baik sejak dini. Saya kemudian menjelaskan bahwa jika kapan saja di masa depan saya melihatnya mengejek atau menindas, saya akan meminta pelatihnya untuk menariknya keluar dan dia tidak akan diizinkan untuk memainkan

sisa permainan. Kami berbicara tentang bagaimana menyebut nama dan menggoda membuat semua orang merasa senang. Dia segera menyadari bahwa kesenangan yang dia temukan dalam sepak bola tidak layak untuk dikorbankan. Sejak saat itu, kami berbicara tentang berbagai teknik untuk

penindasan di lapangan, termasuk berjalan pergi atau hanya mengatakan pekerjaan yang baik kepada si penindas. Kadang-kadang saya mungkin masih melihatnya mendorong tetapi secara keseluruhan,

pelajarannya untuk memperlakukan orang lain dengan hormat dipelajari dengan baik sejak dini. Saya kemudian menjelaskan bahwa jika kapan saja di masa depan saya melihatnya mengejek atau menindas, saya akan meminta pelatihnya untuk menariknya keluar dan dia tidak akan diizinkan untuk memainkan sisa permainan. Kami berbicara tentang bagaimana menyebut nama dan menggoda

membuat semua orang merasa senang. Dia segera menyadari bahwa kesenangan yang dia temukan dalam sepak bola tidak layak untuk dikorbankan. Sejak saat itu, kami membicarakan tentang berbagai teknik untuk penindasan di lapangan, termasuk menjauh atau hanya mengatakan pekerjaan yang baik

kepada si penindas. Kadang-kadang saya mungkin masih melihatnya mendorong tetapi secara keseluruhan, pelajarannya untuk memperlakukan orang lain dengan hormat dipelajari dengan baik

sejak dini. Sejak saat itu, kami membicarakan tentang berbagai teknik untuk penindasan di lapangan, termasuk menjauh atau hanya mengatakan pekerjaan yang baik kepada si penindas. Kadang-kadang saya mungkin masih melihatnya mendorong tetapi secara keseluruhan, pelajarannya untuk

memperlakukan orang lain dengan hormat dipelajari dengan baik sejak dini. Sejak saat itu, kami berbicara tentang berbagai teknik untuk penindasan di lapangan, termasuk berjalan pergi atau hanya

mengatakan pekerjaan yang baik kepada si penindas. Kadang-kadang saya mungkin masih melihatnya mendorong tetapi secara keseluruhan, pelajarannya untuk memperlakukan orang lain dengan hormat dipelajari dengan baik sejak dini.

3. Dukungan dan persatuan keluarga itu penting. Pelajaran berikutnya tidak hanya untuk anak saya tetapi untuk seluruh keluarga kami. Putra kami memiliki seorang kakak perempuan dan adik laki-laki. Mereka adalah pemandu sorak terbesarnya dan akan duduk di pinggir lapangan sambil meneriakkan

semangat kepada putra saya dan rekan satu timnya. Pertandingan sepak bola pada Sabtu pagi adalah urusan keluarga. Kami semua memuat dan kami semua pergi. Kadang-kadang, saya akui, saya ingin sekali mengirim pemain sepak bola kecil saya bersama ayahnya sementara saya tinggal di rumah

bersama saudara-saudaranya. Tetapi saya ingin anak-anak saya tahu bahwa mereka didukung oleh keluarga yang peduli. Dua anak saya yang lain, yang tidak bermain sepak bola, mendapat kesempatan untuk menyemangati dan menunjukkan dukungan mereka sementara pemain sepak bola saya merasa

bahwa saudara perempuan dan saudara laki-lakinya memperhatikan dia dan minatnya. Sebagai gantinya, ketika tiba waktunya bagi saudara perempuannya untuk melakukan resital piano, pemain sepak bola saya tahu bahwa dukungan yang dia terima dari saudara perempuannya perlu dibalas.

Apakah rekreasi sepak bola menyelesaikan semua masalah antara saudara kandung? Tidak, tentu saja tidak. Namun, itu menawarkan kesempatan untuk mengajar mereka untuk saling mendukung.

4. Sebuah tim yang bekerja sama akan menghasilkan lebih dari satu pemain hebat. Pelajaran ini tampaknya yang paling sulit dipahami oleh semua pemain sepak bola. Ketika tim kecil ini pertama kali memulai, satu-satunya hal yang ada di pikiran para pemain adalah menendang bola ke gawang.

Mereka akan mendorong dan menendang dengan liar, terlepas dari siapa lagi yang berada dalam ngerumpi itu yang menendang dengan mereka. Kami sering melihat kerumunan hanya pemain tim kami, memperebutkan bola. Saya menemukan diri saya masih harus dengan lembut mengingatkan

anak saya bahwa tidak apa-apa untuk menendang atau mengoper bola ke salah satu rekan satu timnya jika dia dikepung dan mereka terbuka. Dia masih mencoba untuk melempar bola ke dirinya sendiri

dan lupa bahwa dia memiliki rekan satu tim yang bisa membantu. Namun, setiap kali saya melihat sebuah assist di gawang, saya menegaskan kepadanya betapa lebih mudah baginya untuk mencetak gol dengan sebuah assist.

5. Tidak masalah untuk mengenali kekuatan dalam dirinya dan orang lain. Terakhir, saya menemukan bahwa sepak bola memberi anak saya kesempatan untuk menemukan kekuatannya sendiri. Dia menemukan sedikit harga diri bahwa dia pandai mencetak gol dari jauh. Kami bertanya kepadanya

apa yang menurutnya terbaik dan apa yang menurutnya bisa dia perbaiki. Dia belajar melalui proses bahwa dia pandai dalam beberapa hal dan bahwa dia dapat meningkat di area jika dia bekerja di sana. Kami juga mendorongnya untuk menyemangati para pemain di timnya atas kekuatan mereka. Kami menunjukkan kapan pemain lain pandai menangani bola dan memberi tahu dia untuk memberi tahu

mereka. Kami membuatnya memperhatikan ketika tim lain bagus dalam kerja tim atau pertahanan dan sekali lagi, minta dia untuk memberi tahu pemain lain. Dia mampu fokus pada kebaikan orang lain dan tidak terlalu kritis terhadap dirinya sendiri karena dia menyadari bahwa setiap orang baik dalam tugas dan keterampilan yang berbeda.

Pengalaman rekreasi sepak bola kami tidak lain adalah pengalaman yang menyenangkan dan belajar bagi kami. Sebagai orang tua, pengaruh saya masih lebih kuat dibandingkan dengan pelatih, orang tua lain, atau pemain lain. Saya dapat membantu menanamkan putra saya lebih dari sekadar keterampilan sepak bola dan keinginan untuk menang. Saya dapat membantunya untuk belajar tentang kehidupan keterampilan sepak bola 

dan bergaul dengan orang lain. Saat dia tumbuh dan terus bermain, saya harap pelajaran pertama tentang sepak bola ini adalah pelajaran yang dia pertahankan. Saya berharap permainan ini selalu menyenangkan dan dia memperlakukan orang lain dengan hormat. Saya berharap dia menghargai dukungan dari orang lain dan menemukan dalam dirinya kekuatan yang bisa dia banggakan dan kelemahan yang bisa dia atasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.